Gerhana Bulan , Para Jemaah di Jakarta Islamic Center Salat Khusuf


IBOBET - Gerhana bulan muncul pada Rabu dini hari ini. Jemaah di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Jakarta Utara, menggelar salat khusuf.

Pantauan di JIC, Jalan Kramat Jaya Raya, Koja, Jakarta Utara, Rabu (17/7/2019) sekitar pukul 03.40 WIB dini hari, jamaah mulai menggelar salat khusuf. Salat diimami oleh Ustaz Madinah, sedangkan yang menjadi khatib adalah KH Ma'arif Fuadi.

"Jamaah bapak-bapak yang ada di timur, silahkan memenuhi syafnya. Diharap merapatkan saf karena akan segera kita mulai salat gerhana," ujar pengurus Masjid saat hendak memulai salat khusuf melalui pengeras suara.

Sebelum salat dimulai, takmir masjid memberikan pengarahan terkait tata cara salat gerhana. Tampak jamaah mendengarkan dengan seksama.

"Untuk melaksanakan salat gerhana dua rakaat. Sebagian kita sudah paham karena sudah biasa. Namun barangkali yang belum pernah, sedikit saya sampaikan tata cara salat gerhana," kata dia.

Selama kurang lebih 8 menit penjelasan tata cara khusuf, imam memulai shalat dengan membacakan takbir. Tampak beberapa makmum masbuq (jamaah yang terlambat dalam shalat jamaah) berjalan menuju saf, saat imam membacakan surat pendek.

Merujuk laman resmi BMKG, gerhana bulan sebagian dimulai pada pukul 03.01 WIB, puncaknya pukul 4.30 WIB, dan berakhir pada 06.00 WIB. Gerhana bulan sebagian merupakan peristiwa terhalanginya penampakan bulan oleh bayangan Bumi sehingga cahaya Matahari tidak sampai ke Bulan. Peristiwa ini bisa terjadi hanya jika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus.

Gerhana Bulan , Para Jemaah di Jakarta Islamic Center Salat Khusuf

Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar